Kamis, 01 Januari 2009

Projects of New Product Development

Alhamdulillah, akhirnya tugas besar untuk mata kuliah Perancangan dan Pengembangan Produk yang aku berikan pada awal semester ini (ganjil 08/09) dapat diselesaikan oleh mahasiswaku dengan baik. Tugas yang berupa Proyek perancangan produk tersebut telah saya berikan selama 2 kali. Untuk semester lalu (genap 07/08), produk yang dibuat oleh masing-masing team saya batasi untuk peralatan balita dan Edutoys. Sedangkan semester ini, saya memberikan kebebasan bagi tiap team untuk memilih jenis produk yang akan dirancangnya.

Kemarin (30 des 08), semua team telah mengumpulkan laporan akhir dan prototype dari tiap-tiap produk hasil rancangannya. Pada minggu sebelumnya mereka juga telah mempresentasikan tugas tersebut dihadapan team dosen dan team project yang lain. Dari hasil yang dikumpulkan tersebut, akan dipilih The Best Company of the project. Penilaian ini didasarkan dari sistematika dan ketepatan alur proses perancangan produk tersebut, selain itu juga dilengkapi dengan prototype yang berhasil mereka buat.

Saat hasil karya para mahasiswa itu saya tunjukkan pada jurusan, ternyata mendapat respon dan tanggapan yang positif dari kajur, sekjur serta teman-teman dosen yang lain. Bahkan oleh pihak jurusan, semua prototype tersebut akan didokumentasikan sebagai bahan promosi dan hasil nyata Jurusan Teknik Industri saat ada pameran ataupun even khusus. Alhamdulillah, gebrakanku pada mata kuliah ini berhasil. Dan yang lebih menggembirakan lagi selama mengikuti mata kuliah ini para mahasiswa terlihat antusias sekali.

Harapanku semoga materi perkuliahan yang aku share kan pada mereka dapat memberi manfaat yang baik untuk mereka semua. Satu lagi yang ingin aku kembangkan di jurusan adalah dilaksanakannya praktikum perancangan produk, karena selama ini untuk mata kuliah tersebut mahasiswa hanya diberikan materi perkuliahan saja, tanpa diberi kesempatan untuk mempraktekkannya.

Untuk semester ini produk yang dirancang adalah :
1. Payung Lampu
2. Senter hemat energi
3. Topi kipas
4. The Smokelizer CMA
5. Charger travelling
6. Meja pemangku laptop
7. Blind Watch Digital
8. Trolley Bandara
9. Topi Air minum
10. Kalkulator Mobil Kode
11. Kacamata Headset
12. Jok Sepeda Motor MP3
13. Keyboard Lipat
14. Koper tempat duduk
15. Bolpoint Multifungsi (tipe ex + multi colour)
16. Remote Multi Tools
17. Jaket Panas dingin

Nah, daftar diatas adalah hasil karya para mahasiswa tercinta, moga bisa memberi manfaat bagi semuanya.

Tidak ada komentar: